Jumat, 10 Februari 2012

Ketahanan Nasional

   Ketahanan nasional merupakan salah satu unsur penting dalam mempertahankan nilai-nilai dasar suatu negara. Selain itu, untuk mewujudkan suatu Negara maju harus mempunyai ketahanan nasional.
   Indonesia merupakan Negara yang masih lemah terhadap ketahanan nasional dimana masih banyak warga negaranya yang tidak cinta pada tanah air Indonesia. Seperti contoh pemberontakan di Aceh yang dinamakan DOM yang menuntut untuk dimerdekakan sendiri dengan cara membuat negara sendiri. Hal ini dipicu karena kurangnya perhatian pemerintah pusat terhadap daerah-daerah terpencil seperti infrastruktur & lapangan pekerjaan yang jauh dari kata memadai, berbeda dengan negara-negara tetangga yang infrastruktur & lapangan pekerjaan yang memadai pada semua daerah, bahkan pada daerah yang berada diperbatasan mendapatkan infrastruktur yang lebih memadai jika dibandingkan oleh daerah perbatasan Indonesia yang jauh dari kata memadai. Maka dari itu banyak daerah-daerah yang berada diperbatasan memilih untuk membuat negara sendiri. Indonesia memilih untuk memerangi pemberontak daripada menuruti kemauan didaerah perbatasan dengan cara melengkapi infrastruktur agar tercapai kata memadai dan menciptakan lapangan pekerjaan yang merata pada seluruh wilayah. Dalam melawan pemberontak yang berada diperbatasan banyak tentara Indonesia yang melanggar hak rakyat sipil yaitu membakar rumah rakyat sipil, membunuh rakyat sipil, dan bahkan memerkosa rakyat sipil. Padahal rakyat sipil mempunyai peran penting dalam negara yaitu sebagai payment player yang dimana semua rakyat sipil mempunyai tugas untuk membayar pajak. Sebagai Negara sebenarnya harus melindungi rakyat sipil, seperti contoh Negara perancis yang sangat melindungi rakyatnya yang tersandera oleh perompak dari Somalia, dia lebih memilih untuk menebusnya daripada memeranginya karena jika memeranginya keselamatan rakyatnya akan terancam. Jadi di Negara-negara lain rakyat sipil sangat dilindungi dan dihargai karena mereka berkontribusi dalam membiayai tugas umum negara dan kepentingan-kepentingan lain Negara. Berbeda sekali dengan Indonesia yang kurang memperhatikan rakyatnya yang sebagai payment player seperti salah satu contoh TKI yang menjadi sumber terbesar devisa Negara tetapi tidak mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah, hingga banyak TKI yang terbunuh dinegara luar dimana ia bekerja. Harusnya pemerintah memperhatikan rakyatnya, karena jika rakyat sejahtera maka rakyat juga akan sangat mencintai tanah airnya.
Jadi hal terpenting untuk meningkatkan ketahanan nasional yaitu mensejahterakan rakyatnya dengan begitu seluruh rakyat akan mencintai negaranya, karena menurut hukum alam yakni perut kosong tidak dapat berpikir jernih sedangkan jika sudah terisi maka dapat berpikir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar